• Senin, 4 Juli 2022

Waspada, Potensi Gelombang Tinggi 6 Meter Terjang Perairan Jateng-Bali

- Senin, 20 Juni 2022 | 12:16 WIB
BMKG mengumumkan peringatan dini potensi gelombang tinggi mencapai enam meter Perairan Jawa Tengah - Bali. (ilustrasi pixabay.com)
BMKG mengumumkan peringatan dini potensi gelombang tinggi mencapai enam meter Perairan Jawa Tengah - Bali. (ilustrasi pixabay.com)

JurnalNews - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini terkait gelombang sangat tinggi sampai dengan enam meter yang berpotensi perairan selatan Jawa Tengah-Bali.

Adapun gelombang sangat tinggi tersebut terjadi pada 20-21 Juni 2022.

“Gelombang yang sangat tinggi berkisar empat hingga enam meter terjadi di perairan selatan Jawa TengahBali,” demikian tulis BMKG dalam siaran pers resminya, Senin 20 Juni 2022.

Baca Juga: Kemenag Akan Gelar Rukyatul Hilal Awal Zulhijah pada 29 Juni di 86 Lokasi

BMKG melaporkan, gelombang tinggi tersebut juga berpotensi terjadi di Selat Bali - Lombok - Alas bagian selatan, dan Samudra Hindia Selatan Jawa-Bali.

Hal itu dipengaruhi oleh adanya pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Timur Laut -Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5-15 knot.

“Di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Timur-Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Jawa, Laut Banda, perairan selatan Jawa-NTT, Samudra Hindia Selatan Jawa - NTT dan Laut Arafuru,” jelas BMKG.

Di samping itu, BMKG juga menuturkan, terdapat peluang peningkatan gelombang setinggi 1.25 - 2.5 meter di perairan utara Sabang; perairan barat Aceh; Laut Jawa bagian timur; dan Selat Makassar bagian selatan.

Baca Juga: 8 Weton Sukses Memiliki Watak Saudagar Kaya Raya Menurut Primbon Jawa

Halaman:

Editor: Sutrisno

Sumber: BMKG, PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa Terkini dengan Magnitudo 3.0 Guncang Bayah

Sabtu, 25 Juni 2022 | 16:03 WIB
X