• Minggu, 2 Oktober 2022

Harta TBS Sawit Terus Merosot, Gubernur Kalbar Perintahkan Awasi Perusahaan Nakal  

- Minggu, 17 Juli 2022 | 12:04 WIB
Turunnya harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit membuat melemahnya daya beli dan pendapatan petani sawit. (Instagram @idealtata_official)
Turunnya harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit membuat melemahnya daya beli dan pendapatan petani sawit. (Instagram @idealtata_official)

JurnalNews - Harga tandan buah segar (TBS) sawit dilaporkan terus mengalami penurunan hingga berdampak kepada petani kelapa sawit.

Menyikapi hal tersebut, Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji, meminta kepada semua pihak untuk bisa memperjuangkan peningkatan harga TBS sawit petani, sesuai aturan, perizinan perkebunan sawit ada di kabupaten bukan di provinsi.

Bahkan Sutarmidji menekankan bagi seluruh kepala Dinas Perkebunan dan Kepala Daerah untuk turut serta memantau dan mengawasi, terutama ini menjadi kewenangan Bupati dan Kepala Dinas kabupaten.

Baca Juga: Polisi Tangkap 8 Orang Diduga Joki UTBK SBMPTN di Jatim

Baca Juga: BMKG Ungkap Penyebab Hujan di Musim Kemarau, Ada 3 Fenomena Alam

“Tolong dikawal dan jangan dibiarkan, diawasi dan dipanggil perusahaan yang melanggar kesepakatan. Jangan sampai harga anjlok," tutur Sutarmidji, saat bertemu dengan sejumlah petani kelapa sawit di depan Kantor Gubernur, Jumat 15 Juli 2022 lalu.

Lebih lanjut tutur Sutarmidji, kembali pihaknya mengingatkan kepada perusahaan, untuk menghormati harga TBS sawit yang telah disepakati.

“Untuk kedepannya kami siap bersinergi dengan Polda dan Ombudsman untuk mengawal harga TBS sawit itu, yang melanggar kita sanksi,” katanya.

Tidak hanya itu, Pemprov juga akan menyampaikan ke kementerian kalau perlu dibekukan perizinannya. Kemudian untuk penurunan pajak, akan saya sampaikan ke pusat.

Halaman:

Editor: Sutrisno

Sumber: Pemprov Kalbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rupiah Kamis Pagi Menguat 17 Poin

Kamis, 8 September 2022 | 09:30 WIB

IHSG Kamis Pagi Dibuka Naik 18,82 Poin

Kamis, 8 September 2022 | 09:23 WIB
X