• Kamis, 18 Agustus 2022

Kenali Penyebab Microsleep dan Cara Mencegahnya Saat Berkendara

- Sabtu, 13 November 2021 | 10:09 WIB
microsleep
microsleep

JurnalNews - Microsleep saat berkendara menjadi salah satu penyebab kecelakaan. Kondisi ini adalah suatu kejadian hilangnya kesadaran atau perhatian seseorang karena mengantuk.

Seperti dikutip dari laman Healthline, microsleep ini mengacu pada periode tidur yang berlangsung beberapa detik, kurang dari 30 detik. Orang yang mengalaminya mungkin tertidur tanpa menyadarinya.

Microsleep sering terjadi saat melakukan pekerjaan monoton seperti berkendara dalam waktu yang lama. Bisa jadi saat mengalaminya, Anda tidak menyadari jika Anda tertidur atau memasuki kondisi tidur.

Microsleep bisa ditandai dengan gerakan kepala seperti mengangguk dan mengedipkan mata terlalu sering. Setelah mengalaminya, biasanya Anda sering terbangun dengan perasaan lebih segar dalam waktu singkat.

Setidaknya ada tiga penyebab yang bisa meningkatkan risiko mengalami microsleep, di ataranya:

1. Gangguan Tidur
Orang yang memiliki riwayat gangguan tidur seperti insomnia atau apnea tidur lebih berisiko terserang microsleep saat beraktivitas. Sebab, penurunan kualitas dan kuantitas waktu tidur bisa menyebabkan penurunan kerja otak pada siang hari.

2. Kerja Shift Malam
Seseorang yang sering bekerja shift malam berisiko mengalami microsleep karena adanya perubahan waktu tidur. Lazimnya, malam hari adalah waktu Anda beristirahat, bukan bekerja. Micrsoleep sangat mungkin terjadi saat masa transisi waktu tidur.

3. Memiliki Utang tidur
Bila Anda sering tidur malam kurang dari 6 jam bisa menyebabkan Anda memiliki utang tidur. Banyaknya utang tidur bisa meningkatkan risiko mengalami microsleep sewaktu-waktu.

Cara Mencegah Microsleep

Anda bisa mencoba empat cara yang bisa dilakukan untuk menghindari microsleep, khususnya ketika sedang atau akan berkendara, antara lain:

1. Mengonsumsi Kopi
Tidak ada salahnya mengonsumsi kopi jika Anda kurang tidur. Namun ingat, kafein pada kopi butuh waktu 30 menit untuk dapat bereaksi pada tubuh.

2. Beraktivitas
Anda bisa melakukan aktivitas yang membuat tetap terjaga seperti mengobrol saat berkendara. Berbicara dengan orang lain saat berkendara tentu butuh konsentrasi tinggi. Dengan cara ini, Anda bisa mengurangi rasa mengantuk dan mencegah microsleep.

3. Tidur Cukup
Ingatlah untuk tetap tidur dengan waktu tidur yang cukup antara 7-9 jam sehari. Tidur cukup dapat membuat pikiran dan badan menjadi lebih segar. Anda pun bisa terhindar dari microsleep.

4. Istirahat Jika Mengantuk
Bila rasa lelah atau mengantuk selama berkendara menyerang, segera berhenti dan gunakan waktu untuk tidur sejenak. Apalagi jika berkendara jarak jauh, maka Anda disarankan beristirahat setiap 1-2 jam sekali. ***

Editor: JurnalNews

Tags

Terkini

X