• Kamis, 18 Agustus 2022

Jangan Anggap Remeh, Berikut 5 Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan

- Sabtu, 8 Januari 2022 | 09:10 WIB
manfaatketumbar_840x576
manfaatketumbar_840x576

JurnalNews - Ketumbar menjadi salah satu rempah-rempah yang sering digunakan sebagai penyedap masakan. Mulai dari daun, batang, dan bijinya memiliki aroma khas yang sangat menyengat.

Selain sebagai penyedap masakan, tanaman ketumbar ternyata mempunyai manfaat bagi kesehatan sebagai obat herbal untuk berbagai penyakit.

Seperti dikutip dari laman Organic Facts, daun ketumbar mengandung serat, kalsium, mangan, magnesium, vitamin, dan zat besi. Sedangkan pada biji ketumbar, terdapat fitonutrien dan kandungan nutrisi lain yang mirip dengan daunnya.

Apa saja manfaat kesehatan yang diperoleh dari ramuan ketumbar, berikut lima kegunaanya.

1. Mengurangi Peradangan Kulit
Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of the German Society of Dermatology menunjukkan bahwa minyak ketumbar memiliki sifat anti-inflamasi. Hal ini bisa dikatakan bahwa ketumbar dapat mengurangi masalah peradangan kulit.

2. Ampuh Turunkan Kadar Kolesterol
Biji ketumbar mengandung asam linoleat, asam oleat, asam palmitat, asam stearat dan asam askorbat atau vitamin C.

Menurut The Journal of Environmental Biology, senyawa ini disebut efektif mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, ramuan herbal dari biji ketumbar dinilai mampu meningkatkan kadar kolesterol baik.

3. Bantu Kontrol#Tekanan Darah
Sebuah penelitian dalam Journal of Ethnopharmacology mengatakan bahwa ketumbar bisa menurunkan tekanan darah. Hal ini bisa mengurangi masalah kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

4. Membantu Sembuhkan#Diare
Minyak ketumbar diketahui mengandung borneol dan linalool yang bisa membantu masalah pencernaan serta memperbaiki fungsi hati.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan oleh Ethnobotanical Leaflet, minyak ketumbar bermanfaat dalam menyembuhkan diare. Ramuan ini juga bisa digunakan untuk mengatasi rasa mual, muntah, dan masalah perut lainnya.

6. Tingkatkan Kesehatan Tulang
Ketumbar kaya akan kalsium yang bermanfaat bagi kesehatan tulang. Kalsium dan mineral penting lainnya yang ada dalam ketumbar bisa membantu meningkatkan daya tahan, pertumbuhan tulang kembali, serta melindungi dari osteoporosis. ***

Editor: JurnalNews

Tags

Terkini

X