Waktu Tidur Terbaik Menurut dr. Zaidul Akbar

- Kamis, 20 Januari 2022 | 20:30 WIB
1865225048
1865225048

JurnalNews – Manusia menghabiskan sepertiga dari waktu hidupnya dengan tidur. Tidur bukan saja karena kelelahan tetapi juga karena kebiasaan dan pola hidup

Tak dapat kita pungkiri, setiap orang pasti membutuhkan waktu tidur yang cukup untuk mengistirahatkan badan dari berbagai aktivitas dan menjaga kesehatan.

Sebaliknya, kurang tidur tak baik bagi tubuh. Bahkan kebiasaan buruk seperti suka begadang hingga kurang tidur dapat meningkatkan risiko terkena kanker.

Oleh karena itu, setiap orang perlu beristirahat dan mencukupkan waktu tidur.

Lantas kapan waktu tidur terbaik?

Berikut penjelasan dr. Zaidul Akbar yang dikutip dari video di kanal YouTube dr. Zaidul Akbar Official, 20 Januari 2022.

“Salah satu pemicu kanker adalah kurang tidur, banyak orang sakit karena kurang tidur" ucap dr. Zaidul Akbar.

“Nabi kita sudah menjelaskan atau memberikan contoh. Bagaimana Rasulullah SAW tidur? Tidurnya Nabi ada beberapa waktu. Pertama, ba’da isya’,” tambahnya.

Tidur setelah isya merupakan waktu yang sangat baik karena aktivitas di dalam tubuh sudah mulai meningkat.

"Rasulullah SAW akan tidur di waktu antara azan subuh dan iqamah subuh. Namun bukan tidur nyenyak," kata dr. Zaidul Akbar.

"waktu tidur yang tidak disukai Nabi, yakni ba’da subuh, ba’da ashar, dan ba’da magrib," ujarnya.

Sebaliknya, Rasulullah SAW mencontohkan tidur siang sebelum atau sesudah dzuhur. Merupakan waktu terbaik untuk jantung beristirahat kata dr. Zaidul Akbar

“Kalau anda bertanya pada ahi nutrisi, mungkin orang-orang yang ahli gym, salah satu tidur yang disyaratkan untuk mendapatkan tubuh sehat itu seperti tidurnya Nabi,” tandasnya.

Demikian penjelasan dr. Zaidul Akbar tentang waktu tidur terbaik untuk mencegah penyakit kanker.***

Editor: JurnalNews

Tags

Terkini

X