• Sabtu, 20 Agustus 2022

Waspada, Hipertensi Ternyata Bisa Picu Kebutaan Permanen

- Jumat, 15 April 2022 | 10:46 WIB
Ilustrasi hipertensi. (Pixabay)
Ilustrasi hipertensi. (Pixabay)

JurnalNews - Hipertensi dapat meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke. Lebih parahnya lagi, tekanan darah tinggi ternyata bisa memicu resiko terjadinya glaukoma yang berpotensi menyebabkan kebutaan permanen.

Glaukoma merupakan kondisi yang dapat merusak saraf optik di mata. Kerusakan ini umumnya disebabkan oleh adanya tekanan yang tinggi pada bola mata.

Kondisi ini bisa mengenai semua kelompok usia, namun lebih umum ditemukan pada lansia. Menurut Mayo Clinic, glaukoma merupakan salah satu penyebab utama kebutaan pada kelompok usia 60 tahun ke atas.

Baca Juga: Kronologi Kecelakaan di Papua yang Tewaskan 18 Orang Pekerja Tambang

Baca Juga: Jadwal Pencairan THR dan Gaji 13 ASN, TNI dan Polri, Berikut Besarannya

Salah satu faktor risiko dari glaukoma adalah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Tekanan darah tinggi bisa memicu terjadinya peningkatan tekanan di bola mata.

Sebuah studi University of Michigan Kellogg Eye Center menyebut penderita hipertensi memiliki risiko 17 persen lebih tinggi untuk mengalami open-angle glaucoma (OAG), jenis glaukoma yang paling umum. Sedangkan penderita hipertensi yang juga mengidap diabetes memiliki risiko 48 persen lebih tinggi untuk menderita OAG.

Berdasarkan hal ini, penggunaan obat hipertensi perlu dilakukan dengan hati-hati agar tidak menyebabkan tekanan darah menjadi terlalu rendah dan merusak mata. Kehilangan penglihatan pada glaukoma bisa terjadi secara bertahap.

Itulah yang membuat sebagian penderita baru menyadari adanya masalah penglihatan ketika glaukoma yang mereka idap sudah memasuki stadium lanjut.

Halaman:

Editor: Sutrisno

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X