• Selasa, 24 Mei 2022

Studi: Naik Turun Tangga Bisa Tingkatkan Kesehatan Mental

- Minggu, 15 Mei 2022 | 12:20 WIB
Ilustrasi: Naik turun tangga ternyata baik bagi kesehatan tubuh.  (Shutterstock/miya227)
Ilustrasi: Naik turun tangga ternyata baik bagi kesehatan tubuh. (Shutterstock/miya227)

JurnalNews - Sejatinya kegiatan harian seperti berjalan dan naik turun tangga turut berperan dalam meningkatkan kesehatan mental. Aktivitas fisik sederhana ini memberikan dorongan yang cukup besar untuk kesehatan mental.

Penelitian membuktikan orang yang rentan terhadap masalah kejiwaan tampaknya mendapat manfaat lebih dari aktivitas. Kegiatan harian tersebut juga bisa dilakukan di dalam ruangan selama pandemi Covid-19.

"Pembatasan ketat dalam kehidupan publik dan kontak sosial dapat berdampak buruk pada kesejahteraan. Agar merasa lebih baik, mungkin akan membantu kalau Anda lebih sering menaiki tangga," Prof Heike Tost, salah satu penulis studi seperti dikutip dari laman Spring, Minggu 15 Mei 2022.

Baca Juga: Ditemui Presiden Jokowi, Elon Musk Cuman Pakai Kaos Oblong, Ini yang Dibahas

Baca Juga: Link Live Streaming Final Thomas Cup 2022: Indonesia vs India, Pukul 13.00 WIB, Live di RCTI Plus dan iNewsTV

Kesimpulan tersebut diambil setelah peneliti mengamati 67 orang yang aktivitas sehari-harinya dilacak bersama keadaan emosional mereka dari waktu ke waktu.

Peserta studi diketahui merasa lebih waspada dan penuh energi setelah melakukan aktivitas sederhana, seperti berjalan menaiki tangga atau berjalan santai.

Pemindaian otak juga dilakukan pada kelompok terpisah yang terdiri dari 83 orang untuk memeriksa proses yang terlibat. Ini menunjukkan bahwa area otak yang disebut korteks cingulate subgenual.

Tost menjelaskan, orang dengan volume materi otak abu-abu yang lebih kecil di wilayah itu dan punya risiko gangguan kejiwaan yang lebih tinggi merasa kurang berenergi ketika mereka tidak aktif secara fisik.

Halaman:

Editor: Sutrisno

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X