• Rabu, 29 Juni 2022

Hati-Hati, 4 Makanan dan Minuman Ini Bisa Pengaruhi Kesehatan Mata Hingga Kebutaan

- Selasa, 24 Mei 2022 | 22:03 WIB
Ilustrasi: kesahatan mata. (Pixels)
Ilustrasi: kesahatan mata. (Pixels)

JurnalNews - Seiring bertambahnya usia, pengelihatan seseorang memang akan menurun. Namun, pola makan atau diet yang buruk juga dapat mempercepat penurunan ini dan bahkan bisa memicu kebutaan total dalam beberapa kasus.

Sharon Copeland dari Feel Good Contacts mengatakan, ada empat makanan dan minuman yang dapat mempercepat terjadinya degenerasi makula terkait usia atau age related macular degeneration (AMD).

Adapun empat makanan dan minuman yang dimaksud oleh Copeland adalah karbohidrat rafinasi seperti roti putih dan pasta serta asupan yang sangat bergula seperti saus tomat dan minuman soda.

Baca Juga: Bukan Pertama Terjerat Narkoba, Berikut Profil Lengkap Aktor Gary Iskak yang Sempat Hijrah

Baca Juga: Gary Iskak Ditangkap Terkait Narkoba Bersama 4 Temannya, Berikut Inisialnya

Copeland menjelaskan, keempat makanan dan minuman ini akan dicerna dengan sangat cepat di dalam tubuh sehingga dapat memicu lonjakan kadar gula darah.

"Lonjakan kadar gula darah ini bisa menyebabkan terjadinya degenerasi makula terkait usia, yaitu ketika kerusakan terjadi pada retina," ungkap Copeland seperti dilansir dari laman Express, Selasa 24 Mei 2022.

Menurut Copeland, AMD dapat menyebabkan kebutaan pada bagian tengah lapang pandang. Seiring dengan berlalunya waktu, AMD bisa semakin buruk dan menyebabkan kebutaan total.

Copeland menyebut lonjakan kadar gula darah dapat menyebabkan diabetes tipe 2. Kondisi diabetes tipe 2 yang tak dikelola dengan baik dapat menyebabkan komplikasi berupa retinopati diabetik. Komplikasi ini juga dapat menyebabkan masalah pada penglihatan.

Halaman:

Editor: Sutrisno

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Manfaat Konsumsi Ikan Mas Bagi Kesehatan Tubuh

Selasa, 28 Juni 2022 | 10:50 WIB
X