• Jumat, 12 Agustus 2022

Studi: Minum Kopi Tiga Cangkir Sehari Bermanfaat untuk Kesehatan Ginjal

- Minggu, 3 Juli 2022 | 16:47 WIB
Ilustrasi secangkir kopi
Ilustrasi secangkir kopi

JurnalNews - Minum kopi saat ini telah menjadi bagian dari gaya hidup banyak orang. Selain bisa menyegarkan, minum kopi juga dapat membawa beberapa manfaat kesehatan, termasuk untuk ginjal.

Berdasarkan sebuah studi terbaru yang dimuat dalam Kidney International Reports menemukan bahwa minum kopi hitam sebanyak 2-3 cangkir per hari dapat memberikan manfaat paling optimal dalam menurunkan risiko cedera ginjal akut atau AKI.

Studi ini menganalisis data dari 14.207 orang dewasa berusia 45-64 tahun yang diambil dari studi Atherosclerosis Risk in Communities (ARIC). Para partisipan dalam studi ini diminta mengisi kuesioner untuk mengetahui seberapa sering mereka mengonsumsi kopi.

Baca Juga: Menkes Izinkan Pemakaian Ganja, Tapi....

Sebanyak 27 persen partisipan tidak pernah minum kopi, 14 persen minum kurang dari satu cangkir perhari, dan 19 persen minum satu cangkir kopi per hari. Selain itu, sekitar 23 persen partisipan minum 2-3 cangkir kopi perhari dan 17 persen minum lebih dari tiga cangkir sehari.

Seperti dilansir dari laman Medical News Today, Minggu 3 Juli 2022, tim peneliti lalu melakukan pemantauan terhadap para partisipan selama 24 tahun. Selama pemantauan ini, tim peneliti menemukan ada 1.694 kasus kejadian AKI di antara para partisipan.

Hasil studi menunjukkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi kopi, dalam jumlah berapa pun, memiliki risiko AKI yang lebih rendah 11 persen dibandingkan orang-orang yang tak mengonsumsi kopi.

Tim peneliti juga menemukan bahwa konsumsi 2-3 cangkir kopi per hari dapat memberikan manfaat yang paling optimal dalam menurunkan risiko AKI.

Terkait temuan ini, tim peneliti menilai manfaat kopi terhadap penurunan risiko AKI kemunkinan berasal dari kandungan senyawa bioaktif di dalam kopi. Senyawa bioaktif ini dinilai dapat meningkatkan perfusi dan pemanfaatan oksigen di ginjal.

Halaman:

Editor: Sutrisno

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadikan Apel Camilan Sehat, Ini Manfaatnya

Kamis, 11 Agustus 2022 | 11:39 WIB
X