• Minggu, 5 Februari 2023

Hati-hati Minta Pensiun Dini, Menurut Studi Memperburuk Kesehatan, Berikut Penjelasannya

- Selasa, 24 Januari 2023 | 20:12 WIB
ilustrasi, Pensiun dini
ilustrasi, Pensiun dini

JurnalNews - Studi baru menemukan bahwa pensiun dini dapat memperburuk kesehatan.

Penelitian ini diterbitkan dalam Journal of Economic Behavior & Organization menunjukkan pensiun dini dapat mempercepat penurunan kognitif pada masa dewasa akhir.

Penelitian dilakukan berdasarkan pada program pensiun formal yang diperkenalkan China di pedesaan negara itu pada 2009. Hal ini bertujuan untuk memerangi kemiskinan di usia tua. Ini disebut New Rural Pension Scheme (NRPS).

Baca Juga: Panerai Submersible BRABUS, Jam Tangan Selam Hanya 200 Unit di Dunia, Cek Harga

Baca Juga: Puasa Rajab 3 Hari Berturut-turut? Berikut Penjelasannya

Seperti dilansir dari laman Fox News, para peneliti mengamati para peserta program tersebut. Studi dan desain penelitian diarahkan untuk mendeteksi efek kausal sebenarnya dari pensiun pada gangguan kognitif.

Peneliti menemukan peningkatan isolasi sosial sangat terkait dengan penurunan kognitif yang lebih cepat di kalangan orang tua.

Mereka juga menemukan indikator penurunan kognitif yang paling signifikan adalah daya ingat yang tertunda, yang diketahui dari penelitian sebelumnya sebagai prediktor penting demensia.

"Salah satu masalah terberat dalam penelitian ilmu ekonomi dan sosial adalah menentukan apakah hubungan antara dua variabel bersifat kausal atau kebetulan," jelas penulis utama Plamen Nikolov.

Halaman:

Editor: Sutrisno

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dahsyat, Ini Lima Manfaat Makan Pepaya Muda

Sabtu, 4 Februari 2023 | 10:15 WIB

Lima Manfaat di Balik Nikmatnya Konsumsi Telur Puyuh

Jumat, 3 Februari 2023 | 21:13 WIB
X