Enak Dibikin Asinan, Berikut Lima Manfaat Makan Bengkoang

- Sabtu, 4 Februari 2023 | 21:31 WIB
Bengkoang atau bengkuang yang termasuk jenis umbi-umbian ini ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan.
Bengkoang atau bengkuang yang termasuk jenis umbi-umbian ini ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan.

JurnalNews - Mungkin hampir semua orang Indonesia pernah makan bengkoang atau bengkuang. Buah yang termasuk jenis umbi-umbian ini ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Bengkoang atau yang dalam bahasa latin disebut Pachyrrhizus erosus ini memiliki kandungan gizi tinggi termasuk karbohidrat, protein, vitamin C, serat, dan mineral seperti magnesium, kalium, dan kalsium.

Berdasarkan kandungan gizi yang telah dijabarkan di atas, berikut adalah ragam manfaat dan khasiat dari bengkoang yang bisa Anda dapatkan. Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, Sabtu 4 Februari 2023.

Baca Juga: Kenali Ciri-ciri, Penyebab dan Cara Deteksi Anak Stunting Sejak Dini

Baca Juga: Vape Berbahaya Bagi Kesehatan Jantung, Simak Hasil Studi Terbaru Ini

1. Menurunkan Tekanan Darah
Bengkoang memiliki kandungan potassium yang tinggi, sekitar 260 mg per 100 g buah bengkoang.

Manfaat buah bengkoang yang mengandung potassium ini, membantu menurunkan tekanan darah dan memelihara kesehatan jantung.

2. Mencegah Kanker
Bengkoang memiliki kandungan antioksidan dan anti-inflamasi yang tinggi, seperti vitamin C dan karotenoid.

Antioksidan dan anti-inflamasi ini membantu melindungi sel dari kerusakan dan membantu mencegah perkembangan sel kanker.

3. Mencegah Diabetes
Bengkoang memiliki indeks glikemik rendah, sekitar 25. Ini berarti bahwa konsumsi bengkoang tidak akan menyebabkan peningkatan gula darah yang tajam.

Karenanya, buah bengkoang sangat baik untuk kesehatan jika dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Baca Juga: Hilangkan Pegal-pegal dan Bikin Jantung Sehat dengan Bumbu Dapur Ini, Resep dr. Zaidul Akbar

Baca Juga: 5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Ginjal

4. Meningkatkan Fungsi Otak
Manfaat buah bengkoang yang memiliki kandungan nutrient ini, sangat penting bagi fungsi otak, seperti asam lemak esensial, vitamin B6, dan potassium.

Halaman:

Editor: Sutrisno

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X