• Minggu, 2 Oktober 2022

Tegang Lagi, AS Kembali Kirim Kapal Induk ke Laut China Selatan

- Kamis, 28 Juli 2022 | 21:25 WIB
Kapal induk AL Amerika Serikat USS Carl Vinson dan USS Ronald Reagan berlayar dengan armada mereka bersama kapal AL Jepang dalam latihan di Laut Jepang, Kamis (1/6/2017).  (U.S. Navy/Mass Communication S)
Kapal induk AL Amerika Serikat USS Carl Vinson dan USS Ronald Reagan berlayar dengan armada mereka bersama kapal AL Jepang dalam latihan di Laut Jepang, Kamis (1/6/2017). (U.S. Navy/Mass Communication S)

JurnalNews - Kapal induk Amerika Serikat USS Ronald Reagan beserta armada tempurnya kembali ditempatkan di Laut China Selatan (LCS) setelah berlabuh di Singapura.

Kembalinya penempatan kapal induk AS di LCS itu terjadi di tengah meningkatnya ketegangan dengan China terkait kemungkinan kunjungan Pemimpin Kongres Nancy Pelosi ke Taiwan.

Para pejabat di Armada Ketujuh Angkatan Laut AS mengonfirmasi pengerahan USS Ronald Reagan ke LCS tetapi tidak mengomentari pertanyaan tentang ketegangan atas rencana perjalanan Pelosi.

Baca Juga: Cek Fakta: Pembunuh Brigadir J Bukan Bharada E, Ternyata Ulah Jendral dan Para Senior?

Baca Juga: Kemenag: 33.212 Jemaah Haji Tiba di Tanah Air

"USS Ronald Reagan dan armada tempurnya sedang dalam perjalanan untuk beroperasi di Laut China Selatan setelah kunjungan pelabuhan yang sukses ke Singapura," kata Komandan Hayley Sims dalam sebuah pernyataan kepada Reuters.

Sims menambahkan bahwa Reagan "melanjutkan operasi normal dan terjadwal sebagai bagian dari patroli rutinnya untuk mendukung Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka."

Kementerian Luar Negeri China merespons isu tersebut dengan mengatakan bahwa AS sekali lagi "memamerkan kekuatannya" di LCS dengan berlayarnya Reagan.

"Dari sini jelas bagi semua orang untuk melihat siapa yang merupakan ancaman terbesar bagi Laut China Selatan serta perdamaian dan stabilitas kawasan Asia," kata Juru Bicara Kemlu China Zhao Lijian dalam pengarahan rutin pada Kamis.

Halaman:

Editor: Sutrisno

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Topan Talas Terjang Jepang Tengah, Dua Orang Tewas

Sabtu, 24 September 2022 | 19:06 WIB

Rusia Batalkan Pembukaan Kembali Pipa Gas, Eropa Panik

Sabtu, 3 September 2022 | 12:04 WIB
X