• Sabtu, 13 Agustus 2022

12 WNI yang Disekap di Kamboja Sudah Tiba di Indonesia

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 13:56 WIB
 Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha.  (Dok Kemenlu)
Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha. (Dok Kemenlu)

JurnalNews - Sebanyak 12 warga negara Indonesia (WNI) yang disekap di Kamboja tiba di Indonesia. Mereka tiba di Tanah Air melalui Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat 5 Agustus 2022 sekitar pukul 19.40 WIB.

Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Judha Nugraha mengatakan ini adalah pemulangan tahap pertama dari total 129 WNI di Kamboja. Menurutnya, pemulangan akan terus dilakukan menyesuaikan dengan ketersediaan dari penerbangan.

"Alhamdulillah, 12 WNI korban penipuan perusahaan online scam di Kamboja telah tiba dengan selamat di Tanah Air," ujar Judha Nugraha kepada wartawan.

Baca Juga: 45 Link Twibbon HUT RI 17 Agustus 2022, Lengkap dengan Cara Pasangnya dan GRATIS

Baca Juga: Siap-siap, Ford Bronco Bakal Masuk Indonesia? Pakai Setir Kanan, Suzuki Jimny dan Wrangler Bisa 'Tersingkir'

"Dapat kami sampaikan, ini adalah tahap pertama pemulangan para korban penipuan online scam tersebut dan insyaallah tahap selanjutnya akan segera kita lakukan," sambungnya.

Setelah tiba di Indonesia, lanjut Judha, 12 WNI ini akan ditempatkan di Rumah Perlindungan Trauma Center (RPTC) Kemensos untuk menjalani rehabilitasi. Menurut dia, aat ini secara umum belasan WNI tersebut dalam kondisi fisik baik.

"Kondisi psikologi mereka saat ditampung sementara di KBRI Pnom Penh, telah menjalani konseling yang tentunya nanti akan dilanjutkan di RPTC," terangnya.

"Kemudian di saat bersamaan Bareskrim akan melakukan pendalaman, BAP, untuk proses penegakan hukum bagi para perekrut mereka," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Sutrisno

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Geledah Rumah Donald Trump, FBI Sita Dokumen Rahasia

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 16:00 WIB

Gunung Berapi Sakurajima di Jepang Meletus

Senin, 25 Juli 2022 | 14:15 WIB

Pesawat Kargo Ukraina Jatuh dan Meledak di Yunani

Minggu, 17 Juli 2022 | 17:15 WIB
X