• Minggu, 5 Februari 2023

Puasa Rajab 3 Hari Berturut-turut? Berikut Penjelasannya

- Selasa, 24 Januari 2023 | 07:36 WIB
Ilustrasi, Puasa Rajab.
Ilustrasi, Puasa Rajab.

JurnalNews - Bulan Rajab merupakan salah satu bulan yang istimewa dalam kalender Islam. Di bulan Rajab, Rasulullah SAW mendapat perintah melaksanakan salat 5 waktu yang harus dilakukan oleh umatnya, saat perjalanan Isra Mi'raj.

Setiap bulan Rajab, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak amalan, terutama puasa sunnah. Puasa sunnah merupakan salah satu amalan yang baik dilaksanakan di bulan Rajab.

Keutamaan puasa Rajab menjadi buruan terutama mereka yang bolong pada puasa Ramadhan dan waktu yang tepat melakukan puasa qadha pada bulan Rajab.

Baca Juga: Ingin Pintu Rezeki Segera Terbuka? Lakukan Amalan Ini Kata Syekh Ali Jaber

Dikutip dari bersamadakwah.net, Adakah Puasa Khusus Bulan Rajab 10 Hari Berturut-Turut? Tidak ada hal khusus, begitu juga keutamaan puasa Rajab 3 hari berturut turut, ini penjelasannya.

Ternyata tidak ada hadits yang mengatakan demikian, hadits dhaif sekalipun. Bahkan menurut para ulama seperti Ibnu Taimiyah dan Ibnu Qayyim Al Jauziyah, hadits yang menyebutkan puasa Rajab harus 3 hari berturut-turut adalah hadits dhaif.

Senada dengan itu, Sayyid Sabiq dalam Fiqih Sunnah ketika menjelaskan puasa pada bulan-bulan Haram beliau mengatakan: “Mengenai puasa Rajab, tidak ada keutamaan yang menonjol dibanding bulan-bulan lainnya, kecuali bahwa ia termasuk bulan haram. Dan tidak diterima dari sunnah adanya riwayat shahih yang menjelaskan bahwa puasa di bulan Rajab memiliki keistimewaan khusus.”

Sayyid Sabiq juga mengutip penjelasan Ibnu Hajar Al Asqalani yang menegaskan, “Tidak ada hadits shahih yang menyebutkan keutamaan puasa pada bulan Rajab, tidak pula puasa pada hari-hari tertentu dari bulan Rajab, atau qiyamul lail pada malam-malam tertentu.”

Selain Fiqih Sunnah, kitab fikih terpercaya lainnya juga tidak terdapat pembahasan mengenai puasa Rajab. Seandainya secara khusus ada puasa Rajab yang disunnahkan pastilah ada pembahasannya, sebagaimana puasa sya’ban dan puasa syawal.

Halaman:

Editor: Sutrisno

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bacaan Niat Puasa Rajab dan Tata Cara Pelaksanaanya

Senin, 23 Januari 2023 | 06:07 WIB

RUMAH MISKIN KAYA HATI

Rabu, 11 Januari 2023 | 09:30 WIB
X