• Sabtu, 13 Agustus 2022

Mengenal Kuala Kencana, Kota Medern di Hutan Papua, Fasilitas Kotamu Dijamin Kalah

- Senin, 1 Agustus 2022 | 23:14 WIB
Kuala Kencana, kota modern di belantara Papua (Instagram @kuala_kencana_city / @ihsanworld)
Kuala Kencana, kota modern di belantara Papua (Instagram @kuala_kencana_city / @ihsanworld)

JurnalNews - Kuala Kencana adalah sebuah distrik atau kecamatan modern yang berada di Timika, Kabupaten Mimika Papua, Indonesia.

Kecamatan ini dikelola sepenuhnya oleh PT. Freeport Indonesia. Kuala Kencana disebut kota modern karena sangat mengedepankan aspek pemeliharaan lingkungan.

Sebelumnya kota ini bernama Kota Baru, tetapi diubah menjadi Kuala Kencana atau Panci Emas oleh mantan Presiden Soeharto. Lokasinya berjarak sekitar 20 kilometer dari Timika.

Baca Juga: Terungkap, Ini Pintu Masuk Ungkap Cukong PETI Sungai Tabong, Berani?

Baca Juga: Viral Galon Oplosan Merek Ternama, Netizen: Tugas Produsen Pastikan Produk Asli

Kota yang diresmikan pada 15 Desember 1995 ini memiliki luas kawasan 511 kilometer persegi dengan populasi penduduk sekitar 2.010 jiwa.

Kawasan tersebut juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap yang tidak kalah dengan fasilitas di kota besar, meskipun jaraknya cukup jauh dari pusat kota di Papua.

Kuala Kencana merupakan kota pertama yang menggunakan saluran listrik bawah tanah serta menjadi kawasan pertama yang memiliki saluran air kotor yang langsung dialirkan ke pusat pengelolaan air limbah.

Selain itu, Kuala Kencana juga dilengkapi dengan dengan beragam fasilitas. Selain gedung perkantoran dan tempat tinggal miliki PT Freeport, di Kuala Kencana juga terdapat lapangan sepak bola, lapangan bulu tangkis indoor, lapangan futsal indoor, kolam olimpiade, lapangan golf, hingga pusat perbelanjaan.

Halaman:

Editor: Sutrisno

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa Bumi Magnitudo 3.1 Guncang Ambon

Jumat, 22 Juli 2022 | 17:47 WIB

Wali Kota Mataram Ajak Warga NTB Doakan Eril

Jumat, 3 Juni 2022 | 20:13 WIB
X