• Selasa, 17 Mei 2022

Ridwan Kamil Mengaku Dapat Bisikan untuk Maju Pilpres 2024

- Kamis, 2 Desember 2021 | 19:16 WIB
ridwan kamil
ridwan kamil

JurnalNews – Nama Gubernur#Jawa Barat, Ridwan Kamil sering muncul di berbagai survei sebagai kepala daerah yang berpeluang besar untuk maju di Pilpres 2024.

Hal itu pun disadarinya, sehingga#Ridwan Kamil mengaku ingin memanfaatkan potensi itu sebaik mungkin.

Karena itu, tak menutup kemungkinan bahwa#Ridwan Kamil akan maju dalam Pilpres 2024.

Diakuinya, saat ini menjadi momentum yang tepat untuk dimanfaatkan demi bisa berkompetisi di Pilpres 2024.

“Saya gak bisa bilang (menjamin) tahun 2029 akan seperti ini euforianya. Tahun 2029 berarti akan ada incumbent,” ujar#Ridwan Kamil dalam acara bertajuk 'Klarifikasi Forum Pimred PRMN Bertanya, Ridwan Kamil Menjawab' dalam rangka hari ulang tahun ke-2 PRMN di Lapangan Monumen Mandala, Prambanan, Yogyakarta, Kamis, 2 Desember 2021.

Ridwan Kamil juga mengatakan dia sudah mendapat banyak dukungan yang mendorongnya pada Pilpres 2024.

“Pihak yang membisiki sudah banyak sekali,” ujar#Ridwan Kamil.

Meski begitu, dia mengakui harus lebih ‘berkeringat’ untuk maju pada Pilpres 2024.

“Kalau (maju di pentas) nasional, saya harus berpartai. Makanya, hari-hari ini adalah hari-hari saya mencari partai. Akan saya tentukan pilihannya tahun depan,” kata dia.

Ridwan Kamil menceritakan apa saja kesulitan yang dihadapinya kelak jika tidak berpartai saat maju pada Pilpres 2024.

“Banyak menderitanya sebenarnya (jika maju dengan jalur independen). Contohnya dalam relasi dengan parlemen, saya gak ada back up (dukungan),” katanya.

Maka, dia kini menunggu pintu partai mana yang terbuka untuk dijadikan kendaraan maju pada Pilpres 2024.

“Jawabannya sederhana, saya cenderung ke nasional (maju pada Pilpres 2024) kalau pintunya terbuka dan ada (partai) yang mengajak,” kata#Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil mengakui akan menentukan pilihan partainya untuk maju dalam Pilpres 2024, karena dalam capres 2024 tak bisa independen.

"Saya meyakini kalau nasional (pilpres), saya harus berpartai. Makanya hari ini saya sedang mencari partai yang akan saya pilih di tahun depan," ujar#Ridwan Kamil.

Menurutnya, untuk maju dalam capres 2024 tidak bisa independen karena banyak menderita di parlemen.

"Karena nggak bisa independen terus seperti ini. Saya ceritalah banyak menderitanya sebenarnya di dalam relasi parlemen, APBD, budgeting, nggak ada back up," kata#Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil menyebutkan jika tidak ada yang mengajak ikut maju dalam Capres 2024, maka akan melanjutkan periode kedua pemilihan Gubernur#Jawa Barat.

Ia mengaku, maju sebagai Gubernur#Jawa Barat periode kedua lebih realistis

"Tapi kalau ada yang ngajak (Capres), saya bismillah, kenapa? Karena perahu sudah berlayar, saya nggak bisa balik kanan dan tadi, momentumnya sekarang," ucap#Ridwan Kamil. ***

Editor: JurnalNews

Tags

Terkini

X