• Kamis, 18 Agustus 2022

Pemberangkatan Umrah 1443 H Dilakukan Secara Terpusat, Berikut Penjelasan Kemenag

- Jumat, 3 Desember 2021 | 09:58 WIB
menag
menag

JurnalNews - Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas menyebut pihaknya tengah menyiapkan penyelenggaraan umrah 1443 Hijriah dengan skema One Gate Policy (OGP) atau sistem pemberangkatan jemaah secara terpusat.

"(Skema) ini dimaksudkan dalam rangka perlindungan keamanan dan keselamatan jemaah umrah," ujar Menag Yaqut dalam keterangannya, Kamis 2 Desember 2021.

Yaqut menjelaskan, penerapan pemberangkatan secara terpusat ini dilakukan sebagai upaya untuk meyakinkan para mitra di Arab Saudi bahwa Indonesia telah serius dan baik dalam menyiapkan jemaah umrah.

Menurut dia, One Gate Policy nantinya juga meliputi proses pemeriksaan kesehatan, tes PCR/Swab, pengecekan status vaksinasi, keimigrasian dan pengurusan dokumen perjalanan lainnya.

"Dengan penerapan protokol kesehatan sesuai standar sejak sebelum diberangkatkan," ucapnya.

Yaqut menilai kebijakan penyelenggaraan ibadah umrah 1443 Hirjiah akan menjadi simulasi terbukanya pintu bagi jemaah haji Indonesia. Diketahui, pemerintah Arab Saudi sudah mencabut suspend penerbangan langsung dari Indonesia per 1 Desember 2021.

"Kalau umrah kita berhasil, Insya Allah haji kita akan terbuka. Jadi kunci terbuka atau tidaknya haji nanti tergantung bagaimana kita mampu melaksanakan umrah dengan baik," tuturnya.

"Umrah ini menjadi kewajiban kita semua, pemerintah, DPR dan penyelenggara umrah untuk lebih serius terutama ketaatan terhadap protokol kesehatan," sambungnya. ***

Editor: JurnalNews

Tags

Terkini

LPSK Setujui Status Justice Collaborator Bharada E

Senin, 15 Agustus 2022 | 16:12 WIB
X