• Selasa, 17 Mei 2022

Begini Paniknya Warga Jakarta Saat Gempa Magnitudo 6,7

- Jumat, 14 Januari 2022 | 17:30 WIB
gempa_jakarta_gedung_samsat_840x576
gempa_jakarta_gedung_samsat_840x576

JurnalNews - Bencana gempa bumi mengguncang wilayah Sumur, Banten, dan#Jakarta, pada Jumat 14 Januari 2022 sore, Pukul 16.05 WIB.

Gempa yang terjadi di#Banten itu terasa hingga ke wilayah Ibu Kota, dimana berlangsung kurang lebih selama 30 detik.

Akibat gempa yang terasa di#Jakarta, warga pamik dan berhamburan. Karyawan perkantoran di#Jakarta Barat berhamburan ke lapangan parkir saat gempa bumi terasa di wilayah di DKI#Jakarta yang terjadi pada Jumat sore.

Goncangan gempa tersebut dirasakan sekitar pukul 16.05 WIB selama beberapa detik di kawasan Pal Merah, Jakarta Barat. Di Jalan Pal Merah, karyawan perkantoran di gedung berhamburan ke halaman parkiran.

Mereka keluar lantaran merasa getaran gempa tersebut. Sebagian dari mereka ada yang berkumpul di satu titik, sebagian lagi ada yang duduk di pelataran samping tempat parkir mobil.

Salah satu warga yang ada di lokasi bernama Ahmad mengaku panik keluar gedung ketika gempa terjadi.

"Saya panik langsung keluar. Buru buru dari lantai atas ke parkiran," kaya dia.

Ahmad mengaku gempa tersebut tidak berlangsung lama. Goncangan itu hanya berlangsung beberapa detik. Saat goncangan terjadi, Ahmad langsung turun ke lapangan dan mencari titik aman.

Selain itu, Puluhan karyawan di Gedung Wisma Antara#Jakarta Pusat berhamburan keluar setelah terjadi gempa Magnitudo 6,7 dan pada Jumat 14 Januari 2022 sore sekitar pukul 16.13 WIB.

Salah satu karyawan, Zulfan, mengaku sedang berada di lantai 2 gedung yang memiliki 20 lantai tersebut.
​​​​
Ia merasakan goyangan gempa cukup besar meski berada di lantai yang tidak terlalu tinggi.

Ratusan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Balai Kota#Jakarta dan Gedung DPRD DKI#Jakarta berhamburan keluar gedung ketika gempa dengan Magnitudo 6,7 mengguncang#Banten dan terasa di Ibu Kota.

Pantauan Antara di Balai Kota#Jakarta, Jumat, ratusan PNS memadati ruang terbuka di antaranya halaman depan Kantor Gubernur DKI#Jakarta itu.

"Saya kebetulan tugas di 'basement' kemudian tiba-tiba terasa ada getaran kemudian langsung keluar gedung," kata seorang ASN Pemprov DKI#Jakarta Yana di halaman depan Balai Kota#Jakarta.

Gempa dengan kekuatan magnitudo 6,7 itu diinformasikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dimana berada pada barat daya kabupaten Sumur, Banten.

Episentrum atau titik gempabumi di Kabupaten Sumur, Banten hari ini Jumat sore, pukul 16.05 WIB ini berada pada koordinat 7.01 Lintang Selatan – 105.26 Bujur Timur.

BMKG Jakarta menjelaskan, gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Sumur, Banten dan Kota#Jakarta Hari Ini 14 Januari 2022 Pukul 16.05 WIB tidak menimbulkan potensi tsunami.

Gempa yang terjadi di Kabupaten Sumur, Banten pada 14 Januari 2022 pukul 16.05 ini dirasakan oleh sejumlah daerah di Sumur, Banten.

Antara lain, Sumur, Banten dan beberapa wilayah#Jakarta Pusat hingga Tangerang dan sekitarnya.

Sebagai informasi, Skala Mercalli merupakan salah satu satuan untuk mengukur kekuatan getaran gempa bumi, terutama jika tidak terdapat peralatan seismometer di lokasi kejadian.

Pada skala II, getaran gempa dirasakan hanya beberapa orang, dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Sedangkan, dalam skala III, getaran dirasakan nyata di dalam rumah. Bahkan getarannya seakan-akan ada truk yang melintas.

Adapun skala IV, pada siang hari getaran dirasakan oleh banyak orang di dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela-pintu berderik, dan tembok berbunyi.

Sampai berita diturunkan, belum diketahui bangunan yang rusak akibat gempa#Gempa Bumi di Kabupaten Sumur, Banten, Jumat Sore, pukul 16.05 WIB Skala 6,7 SR tersebut.

Di kesempatan yang sama, BMKG menghimbau agar masyarakat tetap berhati-hati terhadap gempa susulan yang akan terjadi sewaktu-waktu. ***

Editor: JurnalNews

Tags

Terkini

X