• Selasa, 24 Mei 2022

Menular Melalui Makanan dan Mulut, Menkes Sebut Ciri-ciri Hepatitis Akut

- Selasa, 10 Mei 2022 | 18:50 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin saat memberikan keterangan pers di Kantor Kepresidenan Jakarta, Senin 9 Mei 2022  (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Kabinet RI)
Menkes Budi Gunadi Sadikin saat memberikan keterangan pers di Kantor Kepresidenan Jakarta, Senin 9 Mei 2022 (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Kabinet RI)

JurnalNews - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menerangkan penyakit hepatitis akut menular melalui makanan dan mulut.

Menkes mengimbau masyarakat agar selalu menjaga kebersihannya.

Menurut Menkes, dengan munculnya penyakit hepatitis akut misterius pada anak-anak di dunia, sekarang sudah masuk ke Tanah Air.

Baca Juga: Diduga Gegara Pertikaian Keluarga, Lima Bangunan Hangus Terbakar

Baca Juga: Proyek PJN I Sulteng Senilai Rp156 Miliar Diduga Gunakan Material Ilegal dan Tak Layak Pakai

Menkes Budi melanjutkan, Hepatitis akut menyerang anak-anak usia di bawah 16 tahun.

"Virus ini menular melalui asupan makanan yang lewat mulut. Jadi, kalau bisa rajin cuci tangan,”saran Menkes, di Jakarta, Selasa 10 Mei 2022.

“Kita pastikan apa yang masuk ke anak-anak kita bersih, karena menyerang di bawah 16 tahun lebih banyak lagi di bawah lima tahun," tambahnya.

Lebih jauh, ia menjelaskan, ciri-ciri penyakit hepatitis akut. Pertama, ditandai dari demam dan tingginya indikator serum glutamic oxaloacetic transaminase (SGOT) dan serum glutamic pyruvic transaminase (SGPT).

Halaman:

Editor: Sutrisno

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SE Kemenhub: PPDN Tak Wajib Lagi Tes Covid-19

Rabu, 18 Mei 2022 | 21:51 WIB
X