• Selasa, 24 Mei 2022

Mentan Klaim PMK yang Menyerang Ternak Masih Level Ringan

- Rabu, 11 Mei 2022 | 17:46 WIB
Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo.  (Instagram @syasinlimpo)
Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo. (Instagram @syasinlimpo)

JurnalNews - Pemerintah melalui Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak masih berada pada level yang ringan dengan tingkat risiko rendah.

Berdasarkan data di lapangan, PMK yang menyerang hewan ternak antara lain sapi, kerbau, kambing, dan babi dapat ditangani secara cepat.

“Mudah-mudahan PMK ini adalah PMK yang levelnya ringan, yang mutasi atau tingkat penyebarannya tidak terlalu tinggi dan tingkat kematiannya pada hewan rendah,” harap Mentan, dalam siaran persnya, Rabu 11 Mei 2022.

Baca Juga: Waspada! Ribuan Ternak di Jatim Terindikasi Terjangkit PMK Jelang Kurban

Baca Juga: Info Lowongan Kerja Mei 2022 : Rekrutmen Calon Pegawai PT Amerta Indah Otsuka

Walaupun penyakit itu terkonfirmasi dapat menyebar cepat mengikuti arus transportasi daging dan ternak terinfeksi. PMK dipastikan tidak berisiko terhadap kesehatan manusia.

“Penyakit PMK ini memang berbahaya bagi hewan, tetapi tidak menular atau tidak berisiko pada kesehatan manusia. Untuk itu kita akan lakukan berbagai upaya untuk mengatasi PMK ini,” tandasnya. 

Sebelumnya diberitakan, ribuan ternak di Jawa Timur dilaporkan terindikasi terjangkiti wabah penyakit mulut dan kuku (PMK).

Parahnya, wabah tersebut justru merebak saat makin dekatnya Hari Raya Idul Adha 1443 H, yang berkaitan erat dengan pelaksanaan kurban, hingga menimbulkan kekhawatiran.

Halaman:

Editor: Sutrisno

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SE Kemenhub: PPDN Tak Wajib Lagi Tes Covid-19

Rabu, 18 Mei 2022 | 21:51 WIB
X