• Rabu, 29 Juni 2022

BMKG Peringatkan Potensi Hujan Lebat di Sejumlah wilayah Indonesia, Selasa 24 Mei 2022

- Selasa, 24 Mei 2022 | 08:17 WIB
Ilustrasi: BMKG ingatkan Lebaran 2022 akan terjadi hujan lebat di sejumlah wilayah di Indonesia (UNSPLASH)
Ilustrasi: BMKG ingatkan Lebaran 2022 akan terjadi hujan lebat di sejumlah wilayah di Indonesia (UNSPLASH)

JurnalNews - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini prakiraan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang yang berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Indonesia, pada Selasa 24 Mei 2022.

Dalam informasi yang dikutip dari situs BMKG pada Selasa 24 Mei 2022, disampaikan potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang diperingatkan untuk Provinsi Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Lampung, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur.

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Papua, Papua Barat.

Baca Juga: Syekh Ali Jaber: Kerjakan 2 Amalan Ini Sebelum Berangkat Kerja, Allah Jamin Rezeki dan Kemudahan

Baca Juga: Tukul Arwana Diberi Vaksin Nusantara Buatan Dokter Terawan, Begini Kondisinya

Dikemukakan BMKG, sirkulasi siklonik terpantau di Samudra Hindia sebelah barat Bengkulu, yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) di Bengkulu.

Daerah konvergensi lainnya, disebutkan BMKG, memanjang di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, di Bengkulu, di Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, dari Maluku Utara hingga Papua Barat.

Baca Juga: Aniaya Anak Hingga Tewas, Ayah Kandung dan Nenek Serta Ibu Tiri di Gorontalo Jadi Tersangka

Baca Juga: Baca 1 Surah Ini untuk Lindungi Orang Tua dari Siksa di Alam Kubur, Kata Syekh Ali Jaber

BMKG menyampaikan, kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut. ***

Editor: Sutrisno

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X