• Senin, 27 Juni 2022

Ada Wacana Legalisasi Ganja? Begini Jawaban Kepala BNN

- Minggu, 19 Juni 2022 | 19:49 WIB
Petrus Reinhard Golose kembali menegaskan tidak ada wacana membahas legalisasi ganja untuk kebutuhan medis atau rekreasi di Indonesia. (Antara Foto)
Petrus Reinhard Golose kembali menegaskan tidak ada wacana membahas legalisasi ganja untuk kebutuhan medis atau rekreasi di Indonesia. (Antara Foto)

JurnalNews - Sejumlah negara mulai melegalkan narkotika jenis ganja, baik dalam pembudidayaan maupun kepemilikan.

Terakhir, Thailand menjadi salah satu negara di Asia Tenggara yang bergabung dengan sejumlah negara lain yang sudah melegalkan penggunaan ganja.

Menanggapi legaliasasi ganja tersebut, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI Komjen Pol. Petrus Reinhard Golose menegaskan, tidak ada wacana membahas legalisasi ganja di Indonesia. Baik untuk kebutuhan medis maupun rekreasi.

Baca Juga: Polisi Usut Poster Viral 'Bungkus Night', Enam Saksi Diperiksa

“Tidak ada sampai saat ini pembahasan untuk legalisasi ganja. Di tempat lain ada, tetapi di Indonesia tidak ada,” kata Petrus Golose pada sela-sela acara peringatan Hari Antinarkotika Internasional (HANI) 2022 di Badung, Bali, Minggu 19 Juni 2022.

Dikutip dari Antara, ia menegaskan meskipun beberapa negara mulai melegalkan ganja, namun dari segi jumlah masih lebih banyak negara yang mengharamkan tanaman candu itu.

Ia mencontohkan kebijakan legalisasi ganja di Amerika Serikat pun tidak merata, hanya di negara-negara bagian, bukan secara terpusat atau di tingkat federal.

Sementara itu, di Asia Tenggara, hanya Thailand yang telah melegalkan budidaya dan penggunaan ganja untuk kepentingan medis/pengobatan.

“Akan tetapi, itu biar di negara lain. Saya tetap konsisten untuk tidak (membahas wacana) melegalisasi ganja,” tegas Petrus Golose.

Halaman:

Editor: Sutrisno

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X