• Jumat, 12 Agustus 2022

Banjir Terjang Lingkar Tambang Bahodopi, PT IMIP Dinilai Gagal Jaga Keseimbangan Ekologis

- Rabu, 29 Juni 2022 | 20:45 WIB
Banjir menerjang kawasan lingkar tambang Bahodopi, Kabupaten Morowali,  Senin 27 Juni 2022. (Tangkap layar video Facebook/Intan Arif)
Banjir menerjang kawasan lingkar tambang Bahodopi, Kabupaten Morowali, Senin 27 Juni 2022. (Tangkap layar video Facebook/Intan Arif)

JurnalNews - Banjir mengerikan baru saja menerjang Desa Bahomakmur, Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), pada Senin 27 Juni 2022.

Kawasan yang diterjang banjir tersebut diketahui merupakan kawasan pertambangan dan kawasan industri nikel, PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP).

Sedikitnya 600 jiwa terdampak banjir yang menerjang lingkar tambang di Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali tersebut.

Baca Juga: Viral Jenazah Pendeta di Timika Dibonceng Motor Karena Tak Ada Ambulance

Selain itu, sejumlah infrastuktur dan rumah masyarakat sempat terendam, hingga mengundang keprihatinan berbagai pihak.

Tenaga Ahli Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Bidang Investasi, Peningkatan Fiskal dan Stabilitas Ekonomi, Andika menilai terjadinya banjir tersebut sebagai salah satu kegagalan PT IMIP dalam penataan kawasan dan menjaga keseimbangan ekologis.

“Daya dukung ruang, struktur ruang ekologis, sosial di IMIP sudah tidak karu-karuan. Infrastruktur publik, fasilitas sosial, umum dan ekologis sudah di ambang kolaps. Tapi pemerintah pusat tidak memberi perhatian pada hal itu,” ujar Andika, yang dilansir WartaSulawesi.com jejaring JurnalNews.id, Rabu 29 Juni 2022.

Menurutnya, Analisis Dampak Lingkungan Hidup (AMDAL) awal dari PT IMIP hanya menjangkau area kawasan 2.000 hektar yang beririsan dengan 11 desa lingkar Tambang dan Kawasan Industri.

Namun sekarang, kata Andika, Kawasan IMIP terus berkembang hingga mencapai 3.600 hektar lahan.

Halaman:

Editor: Sutrisno

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Putri Candrawathi Terancam Tak Dapat Perlindungan

Rabu, 10 Agustus 2022 | 22:01 WIB
X