• Sabtu, 13 Agustus 2022

BMKG Prakirakan Sebagian Kota Indonesia Alami Hujan, Cek Kotamu

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 09:17 WIB
Ilustrasi; Sebagian kota besar di Indonesia mengalami hujan dengan intensitas beragam pada Rabu 3 Agustus 2022. (Pixabay)
Ilustrasi; Sebagian kota besar di Indonesia mengalami hujan dengan intensitas beragam pada Rabu 3 Agustus 2022. (Pixabay)

JurnalNews - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian kota besar di Indonesia mengalami hujan dengan intensitas beragam pada Rabu 3 Agustus 2022.

Dalam informasi daring ditayangkan infoBMKG, dijelaskan bahwa terpantau adanya dua sirkulasi siklonik yaitu di Selat Karimata dan di Samudera Hindia sebelah barat kepulauan Mentawai, yang membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin atau konvergensi yang memanjang dari laut Jawa bagian barat hingga Lampung, di Laut Natuna dan di Samudera Hindia barat Kepulauan Mentawai.

Kemudian terpantau pula adanya daerah pertemuan angin atau konfluensi di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera, dan di Laut Natuna.

Baca Juga: Tagar Brajamusti Pembunuh Trending di Twitter, Ini Pemicunya, Netizen: SDM Rendah

Baca Juga: Anggota DPRD Kota Yogya Minta Polisi Bebaskan 'Brajamusti' Tersangka Tawuran Tewaskan Juru Parkir, Alasannya?

Daerah konvergensi lainnya juga terpantau memanjang dari Pesisir Selatan Banten hingga Selat Sunda kemudian di Kalimantan Tengah, di Sulawesi Tengah, dan di wilayah Papua.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut.

Secara umum kondisi cuaca di pulau Sumatera antara berawan hingga berpotensi hujan dengan intensitas lebat. Potensi hujan intensitas sedang diperkirakan terjadi di Kota Medan.

Waspadai potensi hujan dengan intensitas lebat yang diperkirakan terjadi di Kota Bengkulu dan hujan yang disertai kilat atau petir di Kota Palembang.

Halaman:

Editor: Sutrisno

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bharada E Cabut Kuasa Dua Pengacaranya

Jumat, 12 Agustus 2022 | 13:36 WIB
X