• Kamis, 29 September 2022

LPSK Setujui Status Justice Collaborator Bharada E

- Senin, 15 Agustus 2022 | 16:12 WIB
Bharada E dinyatakan memenuhi syarat untuk justice collaborator  (Antara/M Risyal Hidayat)
Bharada E dinyatakan memenuhi syarat untuk justice collaborator (Antara/M Risyal Hidayat)

JurnalNews - Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) menyatakan Bharada Richard Eliezer atau Bharada E memenuhi syarat untuk mendapat perlindungan sebagai Justice Collaborator dalam kasus kematian Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J.

"Bharada E memang memenuhi syarat sebagai Justice Collaborator," ujar Ketua LPSK, Hasto Atmojo Suroyo kepada wartawan di kantor LPSK, Jakarta Timur, Senin 15 Agustus 2022.

Persetujuan ini, lanjut Hasto, didasari penilaian bahwa Bharada E bukan merupakan pelaku utama kasus pembunuhan Brigadir J. "Yang bersangkutan (Bharada E) bukan pelaku utama," ucapnya.

Baca Juga: Viral Wanita Diduga Curi Coklat Ancam Karyawan Alfamart, Polisi Turun Tangan

Baca Juga: Begini Panampakan Mobil Hummer Raksasa, Hummer Standar Terlihat Seperti Mainan, Siapa Pemiliknya?

"Yang kedua yang bersangkutan menyatakan kesediaannya untuk memberikan informasi kepada penegak hukum tentang berbagai fakta berbagai kejadian di mana dia terlibat sebagai pelaku tindak pidana," imbuhnya.

Menurut Hasto, Bharada E menembak Brigadir Yoshua Hutabarat atau Brigadir J karena perintah atasannya Irjen Pol Ferdy Sambo. Dia menyebut peran yang bersangkutan dalam kasus ini kecil.

"Bahkan keterlibatannya di dalam perencanaan dan sebagainya itu masih kita dalami apakah yang bersangkutan memang menjadi mastermind atau bagaimana tapi yang jelas kami melihat peran yang bersangkutan ini kecil," tukasnya.

Sebelumnya, LPSK telah memastikan kondisi Bharada E aman dan baik-baik saja selama berada di tahanan Bareskrim Polri.

Halaman:

Editor: Sutrisno

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Banding Ditolak, Ferdy Sambo Resmi Dipecat

Senin, 19 September 2022 | 14:14 WIB
X