Soal Pramugari Garuda Tak Berjilbab, Wapres: Kalau Ada Larangan Agak Aneh

- Sabtu, 4 Februari 2023 | 20:20 WIB
 Wakil Presiden RI, KH Maruf Amin.  (Instagram @kyai_marufamin)
Wakil Presiden RI, KH Maruf Amin. (Instagram @kyai_marufamin)

JurnalNews - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin memberikan respon terkait pernyataan anggota DPR Andre Rosiade yang meminta agar Garuda Indonesia memfasilitasi pramugari berjilbab. Dia menyebut akan memastikan larangan itu ada atau tidak.

Menurut Ma'ruf, larangan penggunaan jilbab bagi pramugari merupakan hal yang aneh. Wapres menyinggung di TNI-Polri atau di perguruan tinggi tidak ada larangan menggunakan jilbab.

"Sampai sekarang ini nggak ada larangan berjilbab, itu nggak ada," ujar Ma'ruf Amin seperti dikutip dari siaran kanal YouTube Wakil Presiden Republik Indonesia, Sabtu 4 Februari 2023.

Baca Juga: Realme GT Neo5 Dikonfirmasi Menampilkan IR Blaster

Baca Juga: Audemars Piguet Royal Oak Offshore Tourbillon Chronograph, Jam Tangan Mewah Nan Keren Edisi Terbatas

"Bukan lagi di polisi, di tentara, juga sudah orang berjilbab dan di mana-mana, perguruan tinggi, di mana-mana. Jadi kalau ada larangan berjilbab, agak aneh, barangkali. Saya nggak cek, perlu diteliti itu," sambungnya.

Sebelumnya, anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Gerindra Andre Rosiade menyoroti aturan terkait tata cara berpakaian busana muslim bagi awak kabin atau pramugari Garuda Indonesia.

Sebagai maskapai penerbangan kebanggaan nasional yang mayoritas warganya beragama Islam, lanjut Andre, Garuda Indonesia belum mengakomodasi aturan bagi pramugari yang memakai jilbab secara permanen.

"Indonesia adalah negara dengan penduduk mayoritas Islam. Kita lihat di berbagai maskapai yang ada, sudah banyak pramugari yang berjilbab," jelas Andre Rosiade, Senin 5 Desember 2022 lalu.

Baca Juga: Lebih Garang! Suzuki Hayabusa 2023 Resmi Memulai Debutnya, Cek Disini Perubahannya

Baca Juga: Samsung Galaxy S23 Pendinginan Lebih Baik dengan Area Pembuangan Panas Lebih Besar

"Bahkan di Citilink sudah ada yang berjilbab. Tapi di Garuda masih ada aturan yang melarang pramugari-pramugarinya untuk menggunakan busana muslim berjilbab untuk menutup aurat," imbuhnya.***

Editor: Sutrisno

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Istri Moeldoko, Koesni Harningsih Meninggal Dunia

Minggu, 12 Maret 2023 | 10:13 WIB
X