• Selasa, 24 Mei 2022

Halal Bihalal Hanya Ada di Indonesia, Begini Sejarah dan Manfaatnya Menurut Islam

- Senin, 9 Mei 2022 | 09:29 WIB
Ilustrasi halal bi halal (Insidepontianak.com/Ist)
Ilustrasi halal bi halal (Insidepontianak.com/Ist)

JurnalNews - Halal Bihalal adalah salah satu tradisi khas saat momen Lebaran. Ternyata, istilah dan tradisi halalbihalal hanya ada di Indonesia.

Pada saat Lebaran, biasanya berkumpul di rumah saudara dan kolega untuk silahturahmi dan bermaaf-maafan yang biasa disebut dengan halalbihalal.

Secara umum semua orang hanya mengetahui bahwa Halal Bihalal merupakan acara untuk bertemu teman, keluarga, maupun rekan kerja yang kemudian saling meminta maaf, oleh karena itu di bawah ini akan dijelaskan sejarah serta makna Halal Bihalal menurut Islam.

Baca Juga: Kapan Waktunya Puasa Syawal? Berikut Bacaan Niat dan Keutamaannya

Baca Juga: Penyebab Sering Mengantuk Padahal Tidur dan Makan Sudah Teratur, Simak Penjelasannya dari dr. Zaidul Akbar

Sebelumnya di Indonesia Halal Bihalal sudah dikenal bahkan sebelum ditemukannya istilah ‘Halal Bihalal’ tersebut, karena di masa lalu istilah Halal Bihalal dikenal dengan sebutan sungkeman.

Dikutip JurnalNews.id dari NU Online, istilah Halal Bihalal muncul ketika kondisi politik di Indonesia masa Ir. Soekarno sedang memanas.

Saat itu, para elit politik saling bertengkar sehingga tidak kondusif untuk berdiskusi dan pemberontakan terjadi di mana-mana di antaranya DI/TII dan PKI Madiun.

Melihat kondisi tersebut, pada pertengahan Ramadhan 1948 Bung Karno memanggil KH Wahab Chasbullah ke Istana Negara, untuk dimintai pendapat dan sarannya untuk mengatasi situasi politik Indonesia yang tidak sehat.

Halaman:

Editor: Sutrisno

Sumber: NU Online, Beragam sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X