• Senin, 5 Desember 2022

Studi Ungkap Asupan Garam Berlebih Berpotensi Tingkatkan Stres

- Kamis, 24 November 2022 | 20:53 WIB
Konsumsi garam secara berlebihan dapat meningkatkan stres
Konsumsi garam secara berlebihan dapat meningkatkan stres

JurnalNews - Sebuah studi dari tim peneliti dari University of Edinburgh mengungkapkan asupan garam yang tinggi bisa memberikan tekanan pada otak. Kondisi tersebut akan mendorong terjadinya peningkatan produksi hormon stres.

Peningkatan produksi hormon stres bisa terjadi karena konsumsi makanan tinggi garam berkaitan dengan aktivasi hypothalamic-pituitary-adrenal (HPA) aksis. HPA aksis adalah sistem respons stres pada tubuh.

Tim peneliti juga menemukan bahwa pola makan yang tinggi garam dapat meningkatkan glucocorticoids. Glucocorticoids adalah hormon yang muncul secara alami untuk membantu mengatur respons stres dan fungsi metabolik, kardiovaskular, kognitif, juga imun.

Baca Juga: 7 Kunci untuk Mencegah Anak Anda Terkena Bullying

Baca Juga: Changan Uni-T, Mobil Big SUV Canggih dan Ganteng Kalahkan Fortuner dan Pajero, Begini Tampilannya

Seperti dilansir Medical News Today, Kamis 24 November 2022, kebiasaan menyantap makanan tinggi garam sudah diketahui dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan fisik, khususnya kesehatan kardiovaskular dan ginjal.

Namun, studi terbaru yang dipublikasikan dalam Cardiovascular Research ini mengindikasikan bahwa konsumsi makanan tinggi garam juga bisa mempengaruhi kesehatan mental, yaitu mengubah cara otak dalam menghadapi stres.

"Kita adalah apa yang kita makan, dan memahami bagaimana makanan tinggi garam mengubah kesehatan mental kita merupakan langkah penting dalam memperbaiki kesejahteraan," ungkap ketua tim peneliti dari Centre for Cardiovascular Science di University of Edinburgh, Matthew Bailey PhD.

Meski makanan tinggi garam bisa membawa beragam manfaat kurang baik, kandungan garam yang tinggi bisa ditemukan dengan mudah dalam banyak variasi makanan. Sebagian di antaranya adalah makanan proses dan mie instan.

Halaman:

Editor: Sutrisno

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Awas, Kurang Tidur Bisa Mempengaruhi Kesehatan Mata

Kamis, 1 Desember 2022 | 21:31 WIB

Studi: Konsumsi Madu Bantu Seimbangkan Gula Darah

Kamis, 24 November 2022 | 07:20 WIB

4 Jenis Makanan Ini Bantu Cegah Flu Saat Musim Hujan

Senin, 14 November 2022 | 10:52 WIB

3 Alasan Tidur Tengkurap Tidak Baik untuk Tubuh

Minggu, 13 November 2022 | 21:50 WIB
X