• Rabu, 29 Juni 2022

Kadinkes Parimo: Posyandu Mendekatkan Upaya Promotif dan Preventif Kepada Masyarakat

- Selasa, 17 Mei 2022 | 22:16 WIB
Penguatan Percepatan Pembentukan dan Pengaktifan Pokjanal Kabupaten Parimo, Tahun Anggaran 2022. (Istimewa)
Penguatan Percepatan Pembentukan dan Pengaktifan Pokjanal Kabupaten Parimo, Tahun Anggaran 2022. (Istimewa)

JurnalNews - Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Elen Nelwan menyatakan keberadaan Posyandu sangat diperlukan dalam mendekatkan upaya promotif dan preventif kepada masyarakat, utamanya terkait upaya peningkatan status gizi masyarakat serta upaya kesehatan ibu dan anak.

"Posyandu mendekatkan upaya promotif dan preventif kepada masyarakat," tutur Elen saat membuka kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinkes Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) bekerjasama dengan Dinkes Kabupaten Parigi Moutong tentang Penguatan Percepatan Pembentukan dan Pengaktifan Pokjanal tahun 2022, di Hotel Ludya Kampal Parigi, Kamis 12 Mei 2022.

Elen menerangkan, peran dan dukungan pemerintah kepada Posyandu melalui Puskesmas sangat penting untuk memfasiiitasi pelaksanaan berbagai kegiatan kesehatan di Posyandu.

Baca Juga: Ada 1.317 Unit, Strata Posyandu di Parigi Moutong Capai 55,72 Persen

Baca Juga: Ustaz Abdul Somad Dideportasi dari Singapura, KBRI Buka Suara

Sehingga hal itu perlu penguatan dengan adanya keterlibatan lintas sektor sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 54 tahun 2007 tentang Pedoman Pembentukan Kelompok Kerja Operasional Pembina Posyandu, dan Permendagri nomor 19 tahun 2011 tentang Pengintegrasian Layanan Sosial Dasar Posyandu.

Pada kesempatan itu juga, Elen mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Provinsi Sulaweai Tengah yang mempercayakan Kabupaten Parigi Moutong sebagai lokasi kegiatan.

"Saya pribadi beserta tim Dinas Kesehatan Kabupaten Parigi Moutong sangat berterima kasih kepada Kadis Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah yang telah memilih Parigi Moutong sebagai tempat kegiatan, dan sudah mau menggerakan kembali Pokjanal," terangnya.

Lanjut Elen, kegiatan ini sangat penting dilakukan, mengingat hampir 3 tahun dituntut harus bisa hidup bersama Covid-19.

Halaman:

Editor: Sutrisno

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X