• Senin, 5 Desember 2022

Kejari Palu Segera Jemput Paksa Terpidana Yahdi Basma

- Selasa, 23 Agustus 2022 | 19:28 WIB
Mantan Gubernur Sulteng Drs. H. Longki Djanggola menemui Kepala Kejari Palu, Selasa 23 Agustus 2022. (istimewa)
Mantan Gubernur Sulteng Drs. H. Longki Djanggola menemui Kepala Kejari Palu, Selasa 23 Agustus 2022. (istimewa)

JurnalNews - Mantan Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Drs. H. Longki Djanggola, M.Si mendatangi Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Palu di Jalan Prof. Moh Yamin Nomor 97, Kelurahan Tatura Utara, Kota Palu, Selasa 23 Agustus 2022.

Kedatangan Gubernur Sulteng periode 2011-2021 menemui Kajari Palu Hartawi SH itu bertujuan untuk melihat langsung penjelasan pihak kejaksaan dalam penegakan hukum dan keadilan terhadap Yahdi Basma, tepidana kasus Pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Mahkamah Agung (MA) menolak permintaan kasasi yang diajukan oleh Yahdi Basma sejak Kamis 23 Maret 2022 lalu, melalui amar Putusan kasasi nomor 1085 K/PID.SUS/2022. Namun hingga kini, pihak kejaksaan belum juga mengeksekusi Yahdi Basma sebagai terpidana dalam kasus ini.

Baca Juga: 24 Anggota Polisi Dimutasi Karena Langgar Etik di Kasus Sambo, Berikut Daftarnya

“Atas nama pribadi saya Longki Djanggola mengucapkan terima kasih yang tak terhingga bapak Kajari Palu yang telah menemui kami di sela-sela kesibukannya hari ini,” ujar Longki Djanggola mengawali perbincangan dengan Kajari Palu, Hartawi SH.

Longki Djanggola menyatakan, ia sengaja datang menemui pihak kejaksaan tanpa langsung ditunjukkan oleh penasehat hukumnya, agar mendapatkan informasi langsung dari sumber resmi yang akurat dan terkait upaya penegakan hukum dan keadilan dalam kasus pidana UU ITE.

“Agar saya bisa memperoleh informasi yang akurat dan benar-benarnya, sehingga dapat memberikan penjelasan yang akurat untuk menjawab masalah dan kesulitan masyarakat yang mereka sampaikan kepada saya mengenai upaya lanjutan dalam penegakan hukum dan keadilan terkait kasus pidana ini,” ujar Longki Djanggola.

hal itu, Kajari Palu, Hartawi SH, bahwa sesuai prosedur dan mekanisme hukum yang berlaku, pihak kejaksaan sudah dua kali melayangkan panggilan kepada Yahdi Basma terkait tindak lanjut putusan MA dalam perkara pelanggaran UU ITE ini.

“Kami pun yakin bahwa surat panggilan tersebut telah diterima oleh yang bersangkutan sebagai terpidana atau penasehat hukumnya,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Sutrisno

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polda Sulteng Siap Sukseskan Munas KAHMI XI 2022

Selasa, 15 November 2022 | 19:45 WIB
X