Pelaku PETI 'Ungsikan' 1 Unit Excavator Tersisa dari Sungai Bodi, Hindari Penertiban?

- Jumat, 3 Februari 2023 | 08:56 WIB
alat berat Excavator dan dump turck yang digunakan pelaku PETI di Sungai Bodi, Kecamatan Paleleh Barat yang dititip di depan rumah warga. (istimewa)
alat berat Excavator dan dump turck yang digunakan pelaku PETI di Sungai Bodi, Kecamatan Paleleh Barat yang dititip di depan rumah warga. (istimewa)

JurnalNews - 1 unit alat berat jenis excavator yang diduga beroperasi di Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) Sungai Bodi Desa Bodi, Kecamatan Paleleh Barat, Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah (Sulteng), akhirnya dibawa turun dari lokasi.

Informasi yang dihimpun Tim Media Sulteng dari sumber tak dipublis identitatsnya menyebutkan bahwa excavator itu telah diangkut.

“Langsung dimuat ke desa tetangga,” tulis sumber via aplikasi WhatsApp, Jumat 3 Februari 2023.

Baca Juga: CV SA Diduga Serobot Lahan dan Pidanakan Pemilik, Masyarakat Mengadu ke DPRD Sulteng

Baca Juga: Warga Desa Oyom Desak Gubernur Sulteng Batalkan Rekomendasi PT SMS di Lokasi Pertambangan Rakyat

Kata sumber, sekira pukul 1. 30 Wita atau Jumat dini hari alat berat yang diduga mengeruk di Sungai Bodi untuk aktivitas Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) diangkut ke desa tetangga.

“2.55 evakuasi alat. Semua. Iya jam 1. 30 tembus di kampung,” ungkapnya

Informasi diperoleh, pelaku membawa alat berat tersisa tersebut ke Desa Labuton, di Kecamtan Gadung.

"Tapi jaraknya cuman 7 km dari Sungai Bodi pak," kata sumber lagi.

Sebelumnya, hingga Kamis malam disinyalir masih ada 1 unit alat berat jenis excavator belum turun dan masih beroperasi di Sungai Bodi Desa Bodi, Kecamatan Palele, Kabupaten Buol, Sulteng.

Sinyalemen itu mencuat berdasarkan sumber Tim Media Sulteng yang tak ingin identitasnya ditulis.

Informasi yang dihimpun dari sumber, sekira pukul 20. 23 Wita, 2 unit excavator sudah turun, namun sumber menduga masih ada 1 unit lagi dari 3 unit excavator yang beroperasi di lokasi Sungai Bodi.

“Kalau yang 2 unit masi di kampung pak. 1 unit masih di lokasi penambangan,” tulis sumber.

Seperti diberitakan sebelumnya, pasca pemberitaan aktivitas PETI di Sungai Bodi, Kecamatan Paleleh Barat, Kabupaten Buol hanya dua unit excavator yang meninggalkan lokasi dan dititipkan di rumah warga di perkampungan.

Halaman:

Editor: Sutrisno

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X