CEO Ford Sebut China Bakal Jadi Penguasa Pasar Kendaraan Listrik, Ini Alasannya

- Minggu, 28 Mei 2023 | 08:05 WIB
CEO Ford, Jim Farley. (Gizmochina)
CEO Ford, Jim Farley. (Gizmochina)

JurnalNews - Pasar kendaraan listrik berkembang pesat, dan semakin banyak produsen yang ingin mendapatkan bagian dari 'kue' tersebut.

Tapi siapa yang memimpin jalan? Jika Anda menebak Tesla, Anda salah. BYD, produsen kendaraan listrik China, telah menjadi pemimpin penjualan global selama beberapa waktu.

Kesuksesan BYD mengejutkan banyak orang, tapi itu bukan kebetulan. Perusahaan telah banyak berinvestasi dalam kendaraan listrik selama bertahun-tahun, dan memiliki rangkaian produk yang kuat yang terjangkau dan menarik.

Baca Juga: BYD Qin PLUS EV 2023 Champion Edition Dirilis, Jangkauan 610 KM Sekali Charge, Segini Harganya

Baca Juga: Minivan Listrik Ford E-Tourneo Courier Diluncurkan, Jangkauan Hingga 370 KM, Begini Tampilannya

Nyatanya, penjualan BYD begitu kuat sehingga CEO Ford Jim Farley baru-baru ini mengatakan bahwa pembuat mobil China seperti BYD adalah "saingan EV terbesar" mereka.

Industri otomotif telah didominasi oleh beberapa pemain utama selama bertahun-tahun. Hingga akhir 1990-an, semua pabrikan besar memiliki sejarah dan akumulasi pengetahuan hampir satu abad.

Tidak mungkin merek baru memasuki pasar, dan jumlah pabrikan sangat terbatas. Namun, teknologi kendaraan listrik mengubah hal tersebut.

Dalam dua puluh tahun terakhir, lebih banyak pabrikan baru yang menjadi bagian dari industri otomotif dibandingkan seratus tahun sebelumnya.

Faktanya, banyak perusahaan di puncak industri mengubah strategi masa depan mereka agar tidak tertinggal dari para pesaing muda ini.

Jim Farley, CEO Ford, salah satu perusahaan yang melakukan perubahan ini, baru-baru ini berbicara tentang pesaing terbesarnya, BYD.

CEO Ford Jim Farley mengatakan pesaing utama Ford di pasar kendaraan listrik adalah China, bukan GM atau Toyota.

Dia percaya bahwa pembuat mobil China akan menjadi pembangkit tenaga listrik di pasar EV, dan Ford harus bersaing dengan mereka jika ingin sukses.

Pembuat mobil Cina telah melakukan investasi yang signifikan dalam EV dalam beberapa tahun terakhir, dan Ford sadar bahwa mereka perlu melakukan hal yang sama jika ingin tetap kompetitif.

Halaman:

Editor: Sutrisno

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Honkai: Star Rail Mengumumkan Karakter Baru Huohuo

Kamis, 28 September 2023 | 07:14 WIB

Honkai: Star Rail Mengumumkan Program Khusus Versi 1.4

Rabu, 27 September 2023 | 10:00 WIB
X